-->

Pulau Kelapan Bangka Selatan Bangka Belitung

Objek wisata pulau Kelapan merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik dan mungkin terdengar masih asing bagi masyarakat Pulau Bangka maupun wisatawan dari luar Bangka. Padahal Pulau yang terletak di wilayah Kecamatan Lepar Pongok tersebut merupakan surga wisata bahari yang luar biasa indahnya.

Pulau Kelapan itu sendiri terletak di Desa Kumbung Kecamatan Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung. Kamu bisa menjangkau pulau ini dari Kota Toboali dengan berkendaralah menuju Pelabuhan Sadai. Selanjutkan perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan kapal motor yang memakan waktu kira-kira 1,5 jam dari pelabuhan Sadai menggunakan kapal motor atau speed boat.

Alam di Pulau Kelapan ini bisa dibilang sangat indah. Sehingga tidak heran lagi kalau pulau ini memiliki wisata bahari yang tak kalah indah dengan pulau lainnya. Bagi penduduk Bangka Selatan pulau Kelapan merupukan surga bagi para pencinta wisata bahari. Terumbu karang yang tersebar dalam area yang luas dapat dinikmati dengan jelas dari permukaan air yang jernih.

Kamu bisa menikmati keindahan alam ini meski tanpa harus menggunakan peralatan bantu sekalipun. Tapi jika kamu ingin lebih puas menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan di di pulau Kelapn ini. Kamu bisa melakukan snorkeling di berbagai spot. Termasuk spot di dekat bangkai kapal yang tenggelam.

Di pulau Kelapan sendiri ada 7 kapal tenggelam di sekitar Pulau Kelapan. Karang-karang dan kapal yang telah tenggelam ribuan tahun lalu itu jadi spot favorit untuk snorkeling. Tidak hanya snorkeling dan menyelam untuk melihat keindahan alam bawah lautnya. Kamu juga bisa melihat aktivitas para nelayan di pulau ini.

Sepanjang perjalanan dari Pelabuhan Sadai menuju Pulau Kelapan, kamu akan merasa sangat puas sekali lantaran disuguhi keindahan dari pulau-pulau kecil yang tersebar di wilayah itu. Pulau Lepar dan Pulau Pongok yang terlihat akan hamparan pasir putih dan perairannya yang jernih serta dangkal.

Kamu bisa melakukan perjalanan sendiri dengan backpackeran. Namun jika Anda tidak ingin backpackeran, tersedia paket wisata yang bisa Anda gunakan untuk melakukan perjalanan wisata dengan lancar.Pengunjung yang sudah pernah berkunjung ke pulau berpasir putih nan alami itu mengakui keindahannya terumbu karang diwilayah pulau itu tak kalah cantiknya dengan Bunaken.

Sepanjang perjalanan menuju pulau ini, pengunjung akan disuguhi keindahan pulau-pulau kecil nan alami berair jernih. Sebelum sampai di Pulau Kelapan anda akan melewatidua pulau besar yaitu Pulau Lepar dan Pongok diantara gugusan pulau-pulau kecil bak kepulauan seribu ‎ tersebut.

Sampai di Pulau Kelapan, kita akan menemui sebuah surga tersebunyi berupa pulau nan hijau berpasir putih. Selain keindahan pulau, perairan di sekitar pulau Kelapan memiliki terumbu karang yang alami berikut ikan beraneka ragam. Airnya yang jernih nan tenang memudahkan kita menatap terumbu karang serta ikan-ikan yang berseliweran disana Tentunya amat mengasyikan buat bersnokeling ‎menkmati keindahan bawah laut Kelapan.

Potensi terumbu karangnya amat luar biasa. Bahkan pengunjung yang telah pernah sno‎rkeling keliling Indonesia menyebutkan keindahanya tidak kalah dengan Bunaken," ungkap Toni penduduk Toboali yang kerap menemani wisatawan bekunjung ke Pulau Kelapan.

Pulau Kelapan bagaikan sekeping surga yang dilindungi para malaikat dari kepungan pertambangan apung yang dulunya marak di perairan Bangka Selatan. Para wisatawan bisa bercengkerama seharian dengan ikan nemo serta dory, sungguh pembelajaran yang amat berkesan. Bahkan pengunjung yang datang tidak menyangka adanya keindahan wisata bahari yang luar biasa di Bangka Selatan.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter