-->

Kue Serabi khas Bangka Belitung




Kue Serabi merupakan salah satu jajanan tradisional yang cukup populer di beberapa daerah di Indonesia seperti di Bandung, Solo, dan Pulau Bangka. Meskipun demikian kue ini berbeda di tiap daerahnya, baik dari rasa dan maupun bentuk dan warnanya.

Belum diketahui secara pasti kapan dan bagaimana awal mula Kue Serabi mulai dikonsumsi oleh masyarakat di Pulau Bangka, namun kue ini seringkali dihidangkan di dalam setiap acara kenduri. Kue Serabi dihidangkan sebagai makanan ringan untuk para tamu yang hadir dalam acara tahlilan nige (tiga) hari, nuju (tujuh) hari, nyelawe (dua puluh lima), empat puluh hari hingga nyeratus (seratus) hari di rumah keluarga orang yang meninggal.

Memasak Serabi Kue Serabi di Pulau Bangka pada dasarnya belum banyak mengalami modifikasi/ perubahan seperti kue-kue serabi di daerah lainnya. Kalau pun ada varian lain dari Kue Serabi di Pulau Bangka, hanya ada pada saat pohon-pohon durian di Pulau Bangka berbuah. Saat buah durian melimpah, masyarakat di Pulau Bangka biasanya akan mengolahnya menjadi berbagai macam makanan termasuk dengan menambahkan buah durian di dalam kuah Kue Serabi sehingga kuahnya beraroma durian.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter