-->

Kelompok Tani (POKTAN) Hutan Kemasyarakatan (HKM) di Pantai Takari Desa Rebo Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Bangka Belitung

Ketika saya mendatangi Kelompok Tani (POKTAN) Hutan Kemasyarakatan (HKM) di Pantai Takari, Desa Rebo, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, ternyata saya disuguhkan hasil karya kelompok tani tersebut dalam bentuk potensi usaha yang cukup menjanjikan yaitu Garam. Lokasi tersebut di kawasan Tanjung, Karang Lestari (Takari), dan berkerjasama dengan Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (ISKINDO) Bangka Belitung.


Semangat berinovasi inilah yang Babel butuhkan, tidak hanya sebagai individu pemakai saja tetapi juga individu pencipta. Dengan memanfaatkan sumberdaya kelautan yang melimpah di Babel, potensi usaha garam tentunya hanya tinggal sumberdaya pengolahannya saja.
Maka saya bersama Pemprov Babel tentunya sangat mendukung pengembangannya. Target awal tidak akan muluk-muluk, cukup bisa memasarkan di wilayah nelayan Pantai Rebo saja dulu dan kemudian memulai produksi turunannya semisal soda api dan cairan infus.

Saya yakin usaha ini akan menjadi usaha yang berkelanjutan dan menguntungkan kelompok tani, warga masyarakat di sekitar, dan lebih jauh nanti akan meningkatkan kesejahteraan anggota Poktan.
Terus berusaha dan berupaya, semoga berkah buat semuanya. Amin.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter